You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Warga Kedoya Selatan Meminta Kali Pesanggaran Dinormalisasi
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Warga Kedoya Selatan Minta Kali Pesanggaran Dinormalisasi

Warga Kelurahan Kedoya Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk, mengeluhkan kondisi Kali Pesanggrahan, dipenuhi lumpur. Alhasil, saat terjadi hujan deras atau kiriman dari Bogor, air kali kerap meluap menggenangi permukiman. Karena itu, warga berharap Kali Pesanggrahan dinormalisasi.

Dari 16 RT hanya RT 06 dan RT 09 yang tidak tergenang. Sisanya tergenang dengan ketinggian rata-rata 60 sentimeter sampai di atas 1,5 meter

Sumardi Ramelan (60), Ketua RW 05, Kelurahan Kedoya Selatan, mengatakan, selama ini wilayahnya jadi langganan genangan akibat luapan Kali Pesanggrahan. Genangan kerap terjadi saat hujan deras cukup lama atau mendapat kiriman air dari Bogor.

"Dari 16 RT hanya RT 06 dan RT 09 yang tidak tergenang. Sisanya tergenang dengan ketinggian rata-rata 60 sentimeter sampai di atas 1,5 meter," katanya, Minggu (25/9).

Cegah Banjir, Kali Sunter akan Diturap

Karena itu, warga mendesak segera dilakukan normalisasi. Tidak hanya melakukan pengerukan lumpur, mereka juga berharap pengerjaan meliputi pemasangan sheet pile untuk memastikan air tidak kembali meluap ke permukiman.

Pantauan Beritajakarta.com, kepadatan lumpur sampai menyebabkan penyempitan badan kali. Sebagian badan kali menyempit hingga aliran tersisa sekitar tiga meter. Sedang selebihnya tertutup lumpur yang sudah mengering hingga membuat daratan.

Kepala Suku Dinas Tata Air Jakarta Barat, Imron Syahrin mengakui, akibat lama tidak dikeruk, lebar Kali Pesanggrahan mengalami penyempitan. Dari lebar awal 12 meter, kini di beberapa bagian telah menyempit hingga eksiting saat ini hanya sekitar tiga meter.

"Kali yang melintas di RT 16 sampai muaranya ke Kali Cengkareng Drain sudah dinormalisasi hingga lebarnya menjadi 12 meter," ujar Imron.

Mengenai kondisi kali di wilayah RT 03/05, Kedoya Selatan, yang belum dinormalisasi, Imron mengakui pihaknya masih menunggu pembebasan lahan. Rencananya, proyek normalisasi Kali Pesanggrahan di wilayah Jakarta Barat dimulai dari Kelurahan Kedoya Utara, Kedoya Selatan, Srengseng, Kebon Jeruk, Kelapa Dua, hingga Sukabumi Selatan.

"Tinggal menunggu rampungnya pembebasan lahan. Kalau sudah kelar, normalisasi dan sheet pile akan langsung dilaksanakan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1368 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1265 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1223 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1106 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye844 personFolmer